VISI DAN MISI

VISI DAN MISI
SMP PLUS AR - RAHMAT BOJONEGORO



Pondok Pesantren sebagai sistem pendidikan memegang peranan sentral pemberdayaan masyarakat melalui aktivitas-aktivitas pendidikan. Dalam menjalankan fungsi edukatifnya, Pondok pesantren juga berfungsi sebagai pelestari sekaligus benteng pertahanan sistem nilai dan budaya masyarakat(norm and cultural- reserve) yang diharapkan tidak hanya menyiapkan anak didiknya pada kematangan ranah kognitif, tetapi ranah afektif dan psikomotorik sehingga terbentuk pola-pola kepribadian yang Islami. Dunia pendidikan merupakan hal yang sangat vital sebagai embrio terwujudnya insan kamil pelaksana pembangunan nasional. Format pendidikan ideal yang mampu menciptakan sumber daya manusia berkualitas sulit ditemukan saat ini.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan kader bangsa yang unggul, mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional, menguasai iptek dan memiliki skill yang tinggi dengan dilandasi nilai-nilai keislaman yang kuat, kami menetapkan visi dan misi yang ingin dicapai:
  1. Mengembangkan potensi siswa dalam penguasaan pelajaran berdasarkan kurikulum SMP yang berlaku serta penguasaan bahasa Inggris dan Arab.
  2. Menyiapkan siswa agar mampu mengusai teknologi komputer dan menyusun karya ilmiah.
  3. Menyiapkan siswa agar mampu dan sadar pelaksanakan sholat lima waktu.
  4. Mencetak siswa yang berakhlakul karimah dalam bersikap dan berperilaku.
  5. Mencetak generasi muda yang mampu menentukan pilihan sesuai dengan karakter pribadinya.
Visi
SMP PLUS AR RAHMAT mencetak generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi, berpengetahuan luas, berfikir bebas, dan menguasai IPTEK berlandaskan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT
Misi
  1. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan didukung tenaga yang profesional serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga siswa mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal
  2. Melaksanakan bimbingan yang Islami selama 24 jam sehingga nilai Islam menjadi jalan hidup (way of life) bagi setiap siswa
  3. Memberikan pendidikan ketrampilan sebagai bekal hidup bagi siswa (life skill education)
  4. Siswa mampu berfikir secara bebas dengan dilandasi ahlaqul karimah
Indikator
  1. Memiliki Akhlaqul karimah dalam bersikap dan berprilaku.
  2. Memiliki kesadaran dan kemampuan dalam melaksanakan sholat lima waktu.
  3. Menguasai pelajaran berdasarkan kurilulum SMP yang berlaku secara mantap.
  4. Menguasai perkembangan teknologi dengan baik.
  5. Memiliki kemandirian dan mampu mengembangkan potensi diri